Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak Dengan Mudah

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang penting untuk dipelajari. Belajar bahasa Inggris juga tidak sulit kok! Ikuti 11 tips mudah berikut agar cepat mahir!

Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak Dengan Mudah

Sebagai bahasa internasional, pada zaman globalisasi sekarang ini, sudah pasti kekuatan berbahasa Inggris sebagai salah satunya kemampuan yang tidak akan mati. Ibaratnya, bila kamu excellent dengan bahasa Inggris, karena itu pintu untuk memperoleh tugas mimpi akan terbuka lebih lebar.

Selainnya terbukanya jalan untuk tingkatan karier yang berkilau, kamu akan mendapatkan kesempatan studi di beberapa perguruan tinggi terpenting Indonesia atau dunia.

But, the masalah is.. Kamu tidak dapat terlilit agenda dengan ikuti pelatihan/les? Atau kamu ingin coba belajar sendiri untuk mengirit bujet?

Tidak jadi masalah kok! Artikel ini akan membahas bagaimana cara belajar belajar bahasa Inggris secara otodidak dengan mudah yang mungkin cocok untukmu. Baca sampai habis ya!

1. Tentukan topik bahasa Inggris-mu

Salah satunya hal yang membuat seorang berbahagia ialah lakukan suatu hal yang mereka gemari. Yes! Sama seperti dengan belajar bahasa yang ini. Kamu dapat mengawalinya dengan pilih topik apa yang kamu sukai untuk didalami.
Contoh, kamu ialah orang yang semangat dengan topik self development, karena itu kamu bisa pelajari beragam kosakata bahasa Inggris berkaitan self development. Umumnya, mengawali suatu hal dari yang kita gemari akan tumbuhkan suasana hati dan awalan yang baik. Sepakat?

2. Dengarkan podcast bahasa Inggris

Podcast sebagai salah satunya basis yang sekarang ini lumayan banyak disukai kelompok remaja sampai dewasa. Lewat podcast, kamu dapat pilih playlist favorite untuk sumber belajar. Bonusnya, dengarkan podcast bisa dijadikan "rekan" saat kamu beraktivitas lain.

Misalnya apa nih? Banyak! Kamu dapat play saat perjalanan ke arah universitas dan kantor, temani akhir pekan sambil mengolah, baking, bahkan juga membersihkan kendaraan kecintaanmu. Referensi account podcast yang dapat kamu dengar ialah All Ears English Podcast, CNN 5 Things, dan TED Radio Hour. Dari 3 referensi barusan, kamu pernah dengarkan yang mana nih?

3. Baca informasi dan artikel bahasa Inggris

Eh, eh! Sadar tidak? Walau sedikit, dengan membaca artikel ini juga dapat menambahkan pembendaharaan kosakata kamu, lo. Tetapi awal tahun ini, coba yok, challenge dirimu untuk membaca informasi dan artikel full berbahasa Inggris. Informasi online dari Jakarta Post, Insider News, dan BBC International News bisa saja bacaan yang informatif untukmu tiap pagi.

Jika tidak siap, tidak ada kelirunya baca artikel yang bilingual dahulu dech. Triknya mudah! Kamu coba click "Catch Me Up" di mesin perayap internet, lalu kamu register akun dan subscribe feature newsletter yang mereka pasarkan. Tenang, gratis kok! Nanti, tiap pagi kamu akan terima e-mail yang berisi up-dated news di Indonesia dan di luar negeri. Menarik sekali, kan?

4. Baca buku fiksi atau non fiksi bahasa Inggris

Telah terlatih membaca artikel in English? Good! Maknanya yang perlu kamu kerjakan ialah tingkatkan kekuatan membaca lewat buku fiksi atau buku non fiksi berbahasa Inggris. Dalam membaca, kamu dapat memakai sistem multisensori, alias mengoptimalkan lebih satu panca indera.

Kamu dapat mencoba tandai vocab, frase, dan kata yang unik memakai brush pen, selanjutnya catat di netbook, lalu mencari maknanya lewat kamus. Referensi buku bahasa Inggris untuk yang baru memulai yakni, "The Fault In Our Stars by John Green" atau "The Perks of Being a Wallflower". Jika lebih sukai fiksi, awali dengan membaca komik dengan bahasa Inggris bisa saja opsi yang baik. Dengan demikian, proses belajarmu tidak menjemukan.

5. Belajar lewat media sosial

Sekarang ini kita hidup di zaman digital yang ramai dengan beragam program kece untuk belajar. Pernah tidak, denger istilah, "media sosial itu bergantung pemakainya, be a smart pemakai!" Maknanya, optimalkanlah media sosial untuk menambahkan knowledge, terhitung belajar bahasa Inggris. Satu diantaranya dapat dengan melihat YouTube.

Untuk pemula, yok, coba lihat kanal TedX Talk, VOX, dan Kurzgesagt. Saat melihat, kamu akan mendapatkan beragam vocab yang kemungkinan tidak pernah didengarkan awalnya. Bila kamu ingin melihat video lebih singkat, program TikTok ialah jalan keluarnya! Pada basis itu, banyak konten creator yang menyuguhkan video bahasa Inggris dan membagi panduan mereka untuk capai tingkat mengusai.

6. Tergabung di group bahasa Inggris

Beberapa orang menjelaskan semacam ini, "punyai rekan satu frekwensi itu asyik sekali!". Nach, begitu halnya belajar bahasa Inggris. Untuk memberikan dukungan tiap prosesnya, pasti kamu perlu bersahabat sama mereka yang sama sedang berusaha untuk capai goals dengan bahasa Inggris.

Lewat group, kamu bisa berunding berkaitan materi bahasa Inggris yang belum dimengerti. Tidak boleh takut salah dengan gaya bahasa yang digunakan, karena teman-temanmu pasti menolong, kok.

7. Bermain game bahasa Inggris

Pernah tidak, sich, kamu punyai rekan yang jarang-jarang belajar, seringkali main games, tetapi speaking in English-nya fafifu wasweswos alias super lancar? Tidak boleh bingung ya! Games dengan setel bahasa Inggris akan membuat bertambah vocabs kamu, lo.

Contoh, pada games Mobile Legend, ada kosakata seperti "victory" atau "there is no coincidences in this world!" Wah, kece ya? Kamu dapat ambil games apa saja sama sesuai hoby. Kemudian, kamu dapat belajar dengan fun. Tetapi ingat! Bermain selayaknya saja, oke?

8. Menyanyi bahasa Inggris

Tidak boleh cuma dengarkan lagu berbahasa Inggris, better kamu segera praktek dengan menyanyi di kamarmu. Dalam masalah ini, yang hendak kamu latih ialah pronunciation a.k.a pengejaan kata. Saat mempunyai waktu senggang di akhir pekan, buka YouTube dan cari lagu bahasa Inggris dengan model video plus lirik kelihatannya sebagai gagasan yang cukup membahagiakan dan perfect combo!

Lewat langkah ini, selainnya reading, kamu dapat sekalian tingkatkan listening, dan speaking skills pada sebuah event yang membahagiakan. Saat menyanyi, persiapkan buku kecintaan untuk menulis kosakata dan menulis lirik yang kamu sukai!

9. Menulis narasi dengan bahasa Inggris

Kamu sepakat tidak, kelihatannya menulis dengan bahasa Inggris sebagai rintangan yang paling susah. Berlainan dengan speaking, beberapa orang semakin lebih memerhatikan grammar saat menulis dibanding saat bicara. Hal itu mengakibatkan writer's blok, karena saat menulis kita semakin lebih konsentrasi pada tenses. Tetapi, dengan menulis, kamu malah akan latihan untuk membikin kalimat selengkapnya.

Triknya, kamu dapat dimulai dari catat aktivitas harian dalam bahasa Inggris, menulis deskripsi diri, telling story about your hometown, and so on. Saat ingin menulis, janganlah lupa membuka google terjemahkan untuk menolong proses kreatifmu!

10. Say what you see

Pikirkan kamu sedang liburan ke pegunungan yang dingin, hijau, dan asri. Kurang lebih apa yang hendak kamu ucapkan? Kemungkinan kalimat, "Wow, the view is so beautiful, amazing!" akan keluar mulutmu. Dalam kata lain, coba gesturkan apa yang kamu saksikan lewat perkataan. Contoh lain, kamu sedang di pinggir jalan dan menyaksikan seorang lelaki jalan ke mobilnya. Kamu dapat lukiskan, "A man in a black shirt is walking across the road to his car. He is getting in the car now and driving away."

Beberapa kalimat di atas benar-benar simpel, tetapi ini akan tingkatkan kecepatan brain-to-mouth speed dengan bahasa Inggris secara baik. Maknanya, kamu tidak perlu waktu yang lama untuk mengartikan apa yang telah ada dalam pikiranmu.

11. Bersahabat dengan native

Salah satunya hal yang paling baik untuk mempertajam kemampuan kamu dengan bahasa Inggris ialah bersahabat dengan native alias masyarakat asli beberapa negara berbahasa Inggris, kamu akan terlatih dan "mau tak mau" untuk belajar. Saat kamu tukar pesan lewat WhatsApp atau doing a conversation lewat call, mau tidak mau harus memakai bahasa Inggris supaya komunikasi bisa jalan secara lancar.

Disamping itu, seorang native dapat membuat kamu belajar bukan hanya berdasar teori, tetapi secara budaya. Untuk kenalan dengan orang luar, kamu dapat pakai beragam program, satu diantaranya OME TV yang umum dipakai selebgram Fiki Naki untuk belajar bahasa asing.

Finally, tersebut 11 langkah belajar bahasa Inggris sendiri atau otodidak yang dapat diputuskan sesuai ketertarikan dan kekuatanmu. Kamu dapat sekali kok jika ingin kerjakan semua langkah di atas, yang perlu stabil. Ucapnya ingin punyai kemampuan bicara bahasa Inggris dengan pintar, periode tidak stabil latihan? Ups, hihi. Maka dari itu, lakukan semua proses dengan santai.

Dalam satu hari, kamu dapat sempatkan diri sekitaran 15 sampai 30 menit, bahkan juga lebih. Supaya terlatih, yok, janganlah lupa untuk kerjakan terus kapan saja dan di mana saja. Saat capek dan rasa ingin berserah mulai ada, you have to remember your goals agar kembali semangat. Disamping itu, istirahat sedikit tidak akan buat kamu lupa sama semua kosakata yang sudah didalami, kok. Asli, dech.

Tapi.. sayangnya, kalau belajar memahami bahasa Inggris sendirian, nggak akan ada yang membimbing dan mengoreksi guys. As we know, sumber informasi di luar itu banyak banget, tapi nggak semuanya valid. So, kalau saat awal belajar sudah menerima informasi yang salah, biasanya akan jadi habit selama bertahun-tahun. Nah, biar nggak terjebak di kondisi tersebut, kamu dapat memulai melatih bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare bareng tutor native dan lokal profesional untuk belajar bahasa Inggris yang baik dan benar!

Nggak usah bingung mau ambil kelas yang mana, ada fitur Placement Test untuk menentukan apakah saat ini kemampuan bahasa Inggris kamu ada di level beginner (dasar), intermediate (menengah), atau sudah advance (mahir) untuk menyesuaikan materi dengan kemampuanmu. Psstt.. ada nilai dan sertifikatnya juga, lo! Yuk, cobain sekarang juga!